Dunia dalam cerita: eksplorasi literasi internasional melalui dongeng anak

The world in stories: exploring international literacy through children's fairy tales

Authors

  • Ellis Nurjuliasti NINGSIH Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya
  • Fenasri Utami Dharma Wanita Persatuan Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan, KKP
  • Yonaeni YONAENI Dharma Wanita Persatuan Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan, KKP
  • Sevi SAWESTRI Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan, KKP
  • Ni Komang SURYATI Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan, KKP
  • Karnilawati KARNILAWATI Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan, KKP

Keywords:

Dongeng anak, literasi internasional, literasi laut, pendidikan lingkungan

Abstract

Kegiatan "Dunia dalam Cerita: Eksplorasi Literasi Internasional melalui Dongeng Anak" dilaksanakan pada 8 September 2024 di BRPPUPP Palembang, bekerja sama dengan Jurusan Ilmu Kelautan FMIPA UNSRI, Dharma Wanita Persatuan BRPPUPP Palembang, dan SEAFDEC IFRDMD. Program ini bertujuan meningkatkan literasi internasional dan ocean literacy siswa kelas 5 Sekolah Alam Sriwijaya melalui metode mendongeng, aktivitas reflektif, permainan edukatif, dan tur koleksi fauna air tawar. Cerita "Eli the Eel: A Mysterious Migration" digunakan sebagai media untuk mengenalkan konsep migrasi spesies laut dan pentingnya konservasi ekosistem. Aktivitas interaktif mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta membentuk kesadaran lingkungan sejak dini. Hasil kegiatan menunjukkan efektivitas pendekatan mendongeng dan permainan edukatif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang isu kelautan dan keberlanjutan lingkungan.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

NINGSIH, E. N. ., Utami, F., YONAENI, Y., SAWESTRI, S. ., SURYATI, N. K., & KARNILAWATI, K. (2024). Dunia dalam cerita: eksplorasi literasi internasional melalui dongeng anak: The world in stories: exploring international literacy through children’s fairy tales. Sriwijaya Journal of Community Engagement And Innovation, 3(2), 16–22. Retrieved from http://sa.mipa.unsri.ac.id/index.php/abdimas/article/view/47

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)